Rangkuman Bahan Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan


Rangkuman Kelas 3 SD Kurikulum 2013 K13 - Selamat tiba di blog Kurikulum 2013 revisi Pada Post kali ini admin bakal share mengenai Soal UH/PH Penilaian Harian Tema 3 Subtema 1 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Perlu Bapak/Ibu guru pahami bersama bahwa pada Kurikulum 2013 hasil revisi terbaru. Sebelum diterapkannya K13, pembelajaran di kelas 3 tetap sama memakai pembelajaran tematik.  Namun sedikit berbeda dengan pembelajaran tematik KTSP. Pembelajaran Tematik K13 lebih menekankan pada tiga aspek yaitu perilaku , pengetahuan ,dan keterampilan. Disamping itu pula pembelajaran tematik kelas 3 sudah disediakan tema yang akan dibelajarkan. Sedikit berbeda dengan kurikulum sebelumnya, di mana tema dikembangkan sendiri oleh guru dengan tetap mengacu pada kompetensi dasar yang tertuang di dalam kurikulum.

Pada Post kali ini admin bakal share mengenai Soal UH Rangkuman Materi Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan


Berikut rangkuman materi tema 1 subtema 3 pertumbuhan binatang pada pembelajaran kelas 3SD. Pada tema 1 subtema 3 yang berjudul pertumbuhan binatang di sini siswa kelas 3 akan diajak berguru mengenal bagaimana pertumbuhan binatang secara umum. Berikut ini akan penulis sajikan rangkuman materi pembelajaran subtema 3, yang bisa anda gunakan sebagai pedoman di dalam membelajarkan siswa kelas 3 pada kurikulum 2013.


Untuk Apersepsi Bapak/Ibu guru Kelas 3 SD sanggup gunakan sebuah lagu yang berjudul Tek Kotek Kotek Anak Ayam Turun sepuluh.

Tek kotek, kotek kotek
Anak ayam turun berkotek
Tek kotek, kotek kotek
Anak ayam turun berkotek
 
Anak Ayam Turun sepuluh 
  mati satu tinggal sembilan. 
Anak Ayam Turun sembilan
  mati satu tinggal Delapan
Anak Ayam Turun Delapan
  mati satu tinggalah tujuh 

Tek kotek, kotek kotek
Anak ayam turun berkotek
Tek kotek, kotek kotek
Anak ayam turun berkotek

Anak ayam turunlah tujuh
Mati satu tinggallah enam
Anak ayam turunlah enam
Mati satu tinggalah lima
Anak ayam turunlah lima
Mati satu tinggallah empat

Tek kotek, kotek kotek
Anak ayam turun berkotek
Tek kotek, kotek kotek
Anak ayam turun berkotek

Anak ayam turunlah empat
Mati satu tinggallah tiga
Anak ayam turunlah tiga
Mati satu tinggallah dua




Pertanyaan apersepsi.

Dari mana anak ayam lahir?

Sebelum lahir anak ayam berada di mana?


Siswa dibutuhkan menemukan gagasan bahwa anak ayam menetas dari telur. Di sana siswa digiring bahwa ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Ayam merupakan salah satu makhluk, hidup badan ayam berbulu dan mempunyai dua kaki ayam mempunyai paruh dan bernapas dengan paru-paru. Ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Siklus kehidupan dari ayam yakni ayam, telur  dan anak ayam.


Adapun beberapa binatang yang berkembang biak dengan cara bertelur lainnya yakni : angsa ,burung dan angsa. Adapun ciri binatang yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah  tidak mempunyai daun indera pendengaran dan kelenjar susu.


Pertumbuhan kucing.

Kucing berkembang biak dengan melahirkan anak-anaknya. Seekor kucing bisa melahirkan dua atau tiga ekor anak. Anak kucing tumbuh dengan sehat maka ia harus dirawat, dan diberi makan. Kucing yang dipelihara dengan baik akan tumbuh besar dan mempunyai bulu yang sangat indah.


Memelihara kucing memperlihatkan kesenangan sebab kucing termasuk binatang yang pintar. Selain cendekia kucing juga merupakan binatang yang selalu menjaga kebersihan. Kucing selalu mengubur kotorannya dengan tanah.


Selain merupakan binatang yang berkembang biak dengan cara melahirkan kulit kucing ditumbuhi oleh rambut yang sangat indah kucing bernapas dengan paru-paru.  Adapun beberapa binatang yang mempunyai kesamaan dengan ciri-ciri kucing yakni :

  1. Harimau
  2. Singa
  3. Anjing
  4. Domba
  5. Sapi


Hewan-hewan di atas mempunyai kesamaan dengan kucing yaitu sama-sama berkembang biak dengan cara beranak. Ciri binatang berkembang biak dengan melahirkan/beranak yakni mempunyai daun indera pendengaran dan kelenjar susu.


Pertumbuhan Kuda
Hewan berikut yang mempunyai ciri sama dengan kucing yakni kuda. Kuda termasuk binatang yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Tubuh kuda pun ditumbuhi oleh banyak rambut.

Anak kuda yang dari kecil dipelihara dengan baik akan tumbuh menjadi kuda dewasa. Kuda mempunyai kemampuan lari yang sangat kencang. Tugu kuda poni sangat berpengaruh sehingga banyak dipakai sebagai alat transportasi untuk menarik gerobak ataupun Andong.


Anak-anak setiap orang mempunyai perbedaan hobi dalam memelihara hewan. Perbedaan tersebut bukanlah hal yang harus kita pertentangkan. 


Perbedaan dalam diri setiap orang merupakan sebuah karunia dari Tuhan. Tuhan sangat mencintai semua orang terlebih pada orang yang suka menolong. Tuhan juga sangat bahagia dan anak yang menghargai temannya. Menyayangi dan menghargai sobat termasuk melakukan perintah Tuhan. mencintai dan menghargai sobat juga termasuk pengalaman sila-sila Pancasila. Saling mencintai sobat termasuk dalam pengamalan Pancasila terutama sila ke-2. Ada beberapa perilaku lainnya yang termasuk pengalaman dalam sila kedua Pancasila. Membantu orang sedang kesusahan, Menjenguk sobat yang sedang sakit.

Gambar hias sanggup dibentuk dalam bentuk beberapa jenis binatang salah satunya yakni ikan. Gambar hias motif ikan yakni gambar ikan yang disederhanakan. Meskipun disederhanakan gambar hias tidak meninggalkan bentuk aslinya.  bentuk dan warna pada gambar hias tekanan berbeda dari aslinya namun kesan gambar aslinya masih tampak.


Pertumbuhan Ikan dan Kupu-kupu

Ikan berkembang biak dengan cara bertelur ikan sanggup dari telur hingga ribuan dalam sekali waktu. Telur menetas menjadi larva, Larva tumbuh menjadi ikan kecil.  kemudian ikan menjadi ikan sampaumur demikianlah pertumbuhan yang dialami pada ikan.


Ada beberapa jenis ikan yaitu ikan hias dan ikan yang memang dikonsumsi untuk dimakan. Biasanya disimpan dalam akuarium. Ikan hias biasanya dijual di pasar .

Di sungai ada beberapa jenis ikan dan Ipin di sungai pun terkadang ada kupu-kupu yang terbang. Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur. 


Adapun daur kupu-kupu mulai dari kupu-kupu telur ulat dan kepompong kemudian perubahan kupu-kupu. Selain kupu-kupu katak juga mempunyai empat tahap daur hidup , mulai dari telur, berudu , katak muda , hingga katak dewasa. Katak mengalami perubahan bentuk yang sangat berbeda Pada daur hidupnya.

Berudu dan katak mempunyai daerah hidup yang berbeda. Berudu hidup di air sedangkan Katak bisa hidup di dua daerah yaitu di air dan di darat.


Sama halnya dengan kata nyamuk mengalami daur hidup ibarat binatang lainnya. Daur hidup nyamuk dimulai dari telur, di atas air dan menjelma jentik jentik jentik jentik menjelma pupa sehabis pupa menjelma nyamuk.


Tahapan perkembangan yang berlangsung sangat cepat dan terjadi pada media air beberapa nyamuk sanggup menjadi penyebaran penyakit yang mematikan pola penyakit yang ditularkan nyamuk yakni demam berdarah.



Demikian artikel Kurikulum 2013 revisi terbaru, terkait dengan Rangkuman Materi Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 "Pertumbuhan Hewan"

0 Response to "Rangkuman Bahan Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close