Ilmu Yang Di Kuasai Aisyah Dan Jumlah Hadis Yang Diriwayatkannya

Aisyah yakni istri Nabi Muhammad Saw, putri Abu Bakar as-Siddiq sobat dan orang yang paling dikasihi Nabi Muhammad Saw.. Aisyah masuk Islam dikala masih kecil sehabis 18 orang yang lain. Rasulullah Saw memperistrinya pada tahun 2 H. Beliau mempelajari bahasa, syair, ilmu kedokteran, nasab-nasab (ansab) dan hari-hari Arab. Ia dikutip sebagai sumber dari banyak hadits, di mana kehidupan langsung Nabi Muhammad Saw menjadi topik yang sering dibicarakan.

Berkata Ibnu Abdil Barr,

“Aisyah yakni satu-satunya perempuan di zamannya yang mempunyai kelebihan dalam tiga bidang ilmu: ilmu fiqih, ilmu kesehetan, dan ilmu syair.”

Berkata Az-Zuhri:

“Andaikata ilmu yang dikuasai Aisyah dibandingkan dengan yang dimiliki semua istri Nabi Saw dan ilmu seluruh perempuan pasti ilmu Aisyah yang lebih utama”.

Urwah juga mengatakan:

“Aku tidak pernah melihat seorangpun yang mengerti ilmu kedokteran, syair dan fiqh melebihi ‘Aisyah”.

Abu Musa al-Asy'ari berkata:

“Tidak ada sesuatu yang sulit pada kami kemudian kami tanyakan kepada Aisyah kecuali kami dapatkan ilmu padanya dan ia tidak wafat sehingga ilmu tersebar di tengah-tengah umat, sehingga dikatakan bahwa seperempat hukum syara’ diriwayatkan dari padanya.”

Berkata Abu Musa al-Asy’ari,

“Tidaklah kami kebingungan ihwal suatu hadits kemudian kami bertanya kepada Aisyah, kecuali kami mendapat tanggapan dari sisinya.” (Lihat Shahih Sunan at-Tirmidzi (3044))

Jumlah hadis yang diriwayatkan `Aisyah sebanyak 2.210 buah hadis. Imam al-Bukhari meriwayatkan darinya sebanyak 54 hadis dan Muslim meriwayatkan sebanyak 68 hadis. Ia meninggal pada tahun 57 H/668 M pada bulan Ramadhan sehabis melaksanakan shalat witir. dan Abu Hurairah ikut menshalatkannya.
Baca Juga :
4. Biografi Abdullah bin Amr bin ‘As ra dan Jumlah Hadis yang Diriwiyatkannya
5. Biografi Abdullah bin ‘Abbas ra dan Jumlah Hadis yang Diriwayatkannya

Demikianlah sahabat www.Merah.Online/">Merah.Online ulasan ihwal ilmu yang di kuasai Aisyah dan jumlah hadis yang diriwayatkannya. Semoga kita sanggup mengambil pelajaran dari pembahasan tersebut. Aamiin. Sumber Hadis Ilmu Hadis Kelas X MA, Kementerian Agama Republik INDONESIA, Jakarta 2014. Kujungilah selalu www.Merah.Online/">www.Merah.Online semoga bermanfaat. Aamiin.

0 Response to "Ilmu Yang Di Kuasai Aisyah Dan Jumlah Hadis Yang Diriwayatkannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close