Adab Bergaul Dengan Teman Sebaya Dan Orang Yang Lebih Muda

1. Adab Bergaul dengan Teman Sebaya.
Pergaulan dengan orang yang sebaya amat penting alasannya ialah dalam mengarungi kehidupan di dunia ini kita tak terlepas dari banyak sekali kasus dan dalam mengatasi kesulitan. Karena orang yang sebaya baik dari segi usia ataupun sebaya dari segi lainnya akan lebih sempurna apabila ia memperlihatkan nasehat, alasannya ialah sama-sama mencicipi nasib yang sama atau seimbang menurut keseimbangan pengalaman, pengetahuan, usia dan lain sebagainya itu juga alasannya ialah lebih terbuka dalam ikut serta memecahkan segala kasus yang kita hadapi.

Teman sebaya yaitu sahabat yang sederajat dengan kita. Contoh sahabat sebaya ialah sahabat satu kelas di sekolah atau di madrasah, sahabat mencar ilmu dan sahabat bermain. Sebagai sahabat kita selalu bergaul, berbicara, bermain, bekerja sama dan sebagainya. Oleh kerena itu kekerabatan dengan sahabat harus dijaga, semoga jangan hingga renggang dan putus. Jangan pula saling bermusuhan dengan teman.

Untuk memelihara kekerabatan baik dengan teman, harus diperhatikan adab-adabnya sebagai berikut :

a. Ucapkan salam jikalau bertemu dengan teman.
b. Berbuat baik, jujur dan tidak menyakiti teman.
c. Memaafkan kesalahan teman.
d. Saling menghormati dan menghargai.
e. Tidak menghina dan meremehkan teman.
f. Tidak sombong dan pelit sesama teman

2. Adab Bergaul dengan Orang yang Lebih Muda.
Orang yang lebih muda ialah semua orang yang umurnya lebih muda dari kita. Mereka diantaranya : adik kandung, adik kelas di madrasah atau teman-teman bermain yang lebih muda umurnya. Terhadap adik-adik kita harus membimbing dan mengasihi mereka. Kita harus memperlihatkan Contoh dengan tingkah laris yang baik.

Kita senantiasa dianjurkan untuk bersikap merendah, yaitu bersikap sopan santun terhadap sesame orang mumin, termasuk terhadap orang-orang yang lebih muda daripada kita.
Dalam al-Qur’an ditegaskan pada Surat al-Hijr ayat 88 sebagai berikut ;

وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya: "…dan janganlah kau bersedih hati terhadap mereka dan berendah dirilah kau terhadap orang-orang yang beriman." (QS. al-Hijr : 88)

Adab bergaul yang baik terhadap orang yang lebih muda antara lain :

1. Memberikan kasih sayang dan bimbingan kepada mereka.
2. Memberikan Contoh dengan berbuat sesuai ucapanmu.
3. Berbicara dengan sopan kepadanya.
4. Menolong jikalau ia dalam kesulitan.
5. Bersabar menghadapi kemauannya.

Apabila membiasakan bergaul dengan yang lebih muda dengan adab yang baik, mereka akan menghargai sebagaimana kasih sayang dan bimbingannya yang mereka rasakan.

Demikianlah sahabat www.Merah.Online/">Merah.Online ulasan perihal adab bergaul dengan sahabat sebaya dan orang yang lebih muda. Kunjungilah selalu www.Merah.Online/">www.Merah.Online semoga bermanfaat. Aamiin.

0 Response to "Adab Bergaul Dengan Teman Sebaya Dan Orang Yang Lebih Muda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close